#7 Penyebab Baterai HP Android Boros dan Cara Mengatasinya

Ihsanarena.com - Salah satu hal yang kerap dikeluhkan pengguna smartphone Android adalah daya tahan baterai, baterai yang boros konsumsi daya sering kali membuat geram pengguna meskipun saat ini sudah banyak sekali hp Android yang dibekali kapasitas baterai besar.

Penyebab Baterai HP Android Boros dan Cara Mengatasinya

Meski begitu keluhan akan borosnya baterai smartphone Android masih belum berkurang dikalangan pengguna. Terkadang besar kecilnya kapasitas baterai tidak begitu berdampak dalam awet atau borosnya konsumsi daya. Semua itu tergantung dari pengguna itu sendiri dalam menggunakan smartphone android.

Penyebab Baterai Android Boros dan Cara Mengatasinya

Baterai hp Android boros bukan berarti tiba-tiba boros, konsepnya ada sebab, ada juga akibat. Nah faktor penyebab baterai Android boros itu ada banyak, berikut saya berikan ulasan penyebab dan penanganan baterai boros di smartphone Android.

#1 Auto Brigtnes

Auto brignes merupakan sebuah fitur smartphone yang membuat kecerahan layar otomatis, jadi setiap kita beda tempat otomatis kecerahan akan menyesuiakan. Hal ini kerap sekali sebagai penyebab borosnya konsumsi daya baterai.

Solusi terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara menonaktifkan fitur Auto Brigtnes kemudian atur kecerahan menjadi lebih rendah.

#2 Waktu Sleep

Waktu sleep yang terlalu lama akan meyebabkan hp android terus bekerja meskipun tidak digunakan, seringkali hal ini menyebabkan baterai menjadi panas dan cepat habis. Padahal jika kita memanajemen waktu sleep akan membuat baterai menjadi lebih tahan lama. Oleh karena iu segera saja percepat waktu sleep supaya daya tahan baterai menjadi kuat.

#3 Virus Aplikasi

Hati-hati dalam menginstall aplikasi, jika sembarangan menginstall aplikasi dari luar play store bisa menyebabkan smartphone Android terkena virus ataupun malware. Smartphone yang terkena malware akan error sistemnya, sehingga bakalan memakan daya baterai lebih banyak.

Smart solution untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan flash ulang lewat PC atau ganti Custom ROM, pengalaman saya dalam menggunakan hp Android ganti Custom ROM sudah menghilangkan malware.

#4 Charger Rusakan

Cermatlah dalam memilih charger, charger yang tidak berkualitas justru akan merusak baterai. Oleh karena itu jangan sembarang dalam membeli charger, usahakan menggunakan charger original. Solusinya ikuti tips mempercepat charger smartphone

#5 Sistem Android Error

Update sistem Android belum tentu lebih baik dari seri yang sebelumnya, terkadang di seri update terbaru malah membuat pemakaian baterai lebih banyak. Sebagai contohnya adalah Android kitkat dan Android Lolipop, tidak sedikit orang yang memilih untuk tetap menggunakan versi kitkat daripada versi lolipop boros baterai.

#6 Baterai Usang/ Bocor

Jika dilihat dari sistemnya tidak ada yang bermasalah maka coba cek dibagian baterai itu sendiri, cobalah untuk mengganti baterai smartphone jika memang sudah usang atau bocor pada bagian tertentu supaya baterai dapat digunakan secara maksimal.

Baterai yang bocor biasanya ditandai dengan cepat ketika baterai dicharger namun cepat juga baterai itu habis dayanya.

#7 Terjadi Konsleting

Baterai dan sistem Android tidak ada yang bermasalah tetapi baterai sangat boros, kemungkinan besar smartphone Anda sedang terjadi konsleting sehingga menyebabkan konsumsi daya amat banyak. Dalam penanganan masalah ini sebaiknya serahkan kepada teknisi handal untuk menstabilkan jalur aliran listrik di smartphone.

Demikianlah penyebab baterai android boros serta cara mengatasinya, semoga ulasan singkat diatas bermanfaat untuk kita semua. 


EmoticonEmoticon