Cara Mengaktifkan USB Debugging di Semua Perangkat Android

Ihsanarena.com - Cara aktifkan USB Debugging di Android. Sistem Operasi yang digunakan Android adalah Open Source, artinya siapapun dapat mengembangkan aplikasi-aplikasi yang ada dalam smartphone Android tanpa harus mendapatkan persetujuan secara langsung dari Android. Terlebih lagi jika Android sudah dalam posisi root maka Anda akan lebih leluasa dalam mengoptimalkan fungsi dari Android.

Mengaktifkan USB Debugging merupakan hal yang harus dilakukan apabila anda ingin mudah dalam melakukan transfer data maupun membantu mengoptimalkan system Android. Berbicara tentang cara mengaktifkan USB Debugging akan lebih asik jika kita juga membahas apa itu USB Debugging ?

Sebagaimana yang dijelaskan Droidwiki, bahwa USB Debugging merupakan fitur yang pasti ada dalam semua perangkat android mulai dari versi pertama hingga versi yang paling anyar. Fungsi dari USB Debugging sendiri membangun sebuah jembatan penghubung antara Android dengan PC/Komputer menggunakan fitur Android SDK.

Tidak semua orang dapat mengaktifkan USB Debugging, karena opsi ini hanya dikhususkan untuk para pengembang aplikasi Android dan developer Android saja, sehingga masih belum banyak yang bisa mengaktifkan USB Debugging.

Nah, mengaktifkan USB Debugging juga merupakan hal yang wajib anda lakukan apabila ingin membuka akses root menggunakan Pc. Banyak kasus yang mengalami kegagalan mengakses root karena belum mengaktifkan USB Debugging.

Cara Aktifkan USB Debugging di Android

Hampir semua smartphone Android mempunyai fitur USB Debugging yang sengaja disembunyikan oleh pihak pabrik, oleh karenanya sebelum mengaktifkan Usb Debugging terlebih dahulu Anda harus mengetahui cara memunculkan Developer Option di Android.

Nah untuk lebih lengkapnya ikuti langkah-langkah berikut ini.


  • Pergi ke menu "Setting" lalu scrool kebawah pilih "About Device"
  • Ketuk "Build Number" 7 kali hingga muncul tulisan "Anda sudah menjadi pengembang"
  • Kembali ke menu "Setting" kemudian pilih "Developer Option"
  • Berikutnya aktifkan USB Debugging
  • Selesai

Itulah cara mengaktifkan USB Debugging di semua hp Android selama sudah mengenakan minimal Os Android Jealybeen keatas. Nah, sekarang tinggal anda coba saja sendiri, saya berhasil seharusnya anda juga berhasil. Jika masih ada yang belum jelas silahkan tanyakan melalui kolom komentar. Selamat mencoba !!

Cara Mengaktifkan USB Debugging di Semua Perangkat Android

  1. mantap,,, sangat membantu dan bermanfaat banget mass

    BalasHapus
  2. ini harus di root dulu ataukah default pabrikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. delfaut juga bisa kok, justru sebelum root harus aktifin USB debuggingnya

      Hapus
  3. sering sih
    tapi biasanya kalo di warnet jarang aktifin usb debugging
    suka ga aman pc nya banyak virus haha
    berguna buat copy file mantap

    BalasHapus
  4. iya pake PC sendiri aja klo ngak ya mke shareit

    BalasHapus
  5. blognya bagus ka, lanjutkan!

    BalasHapus
  6. tutorial yang bagus dan bermanfaat,
    berlaku untuk semua merek HP ini mas?

    BalasHapus
  7. ijin jejak dan book mark gan

    BalasHapus
  8. ini penting untuk dilakukan bagi opreker android.. hehehe

    BalasHapus