Cara mudah Sembunyikan Status Read Pesan LINE di Android

Ihsanarena.com - Cara menghilangkan read pesan LINE di smartphone Android. WhatsApp sudah lebih dulu menyematkan fitur ini dalam setiap aplikasi WhatsApp di Android. Dengan memakai fitur ini pengguna dapat membuat pengirim pesan tidak mengetahui apakah pesan yang dikirimkan sudah terbaca atau belum meskipun sudah terbaca pengirim pesan tidak akan tau karena tanda centang biru tidak muncul jika telah mengaktifkan fitur ini. 
LINE secara official tidak memberikan fitur ini, akan tetapi jika smartphone Anda sudah rooted bisa menambahkan fitur sembunyikan read LINE ketika pesan pengirim sudah Anda baca. Untuk menjalankan fitur ini smartphone Anda wajib sudah rooted, jika belum maka cara ini dipastikan tidak akan berjalan dengan baik. 

Cara menyembunyikan READ LINE di Android 


Sebelum mulai menambahkan fitur hide READ LINE, perlu Anda siapkan beberapa bahannya seperti, Xposed Installer, LINE minimal versi 5.9.0, dan Aplikasi LINE Custom. Setelah semua siap sekarang ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Install Module LINE Custom Apk kemudian aktifkan Module LINE Custom Apk 
  2. Buka LINE Custom Apk kemudian jalankan dan Izinkan hak akses root 
  3. Terkadang ketika masuk dalam LINE Custom mengalami error munculnya peringatan pesan Read DB Error untuk mengatasinya Anda perlu aplikasi Root Explorer. Buka Root Explorer masuk pada /data/data/jp.naver.line.android/databases/ kemudian buka menu naver_line database gunakan SQL editor untuk membukanya. 
  4. Kembali ke LINE Custom Apk lalu aktifkan fitur No Read Chat kemudian nonaktifkan fitur Read Chat menjadi Off 
  5. Selanjutnya kembali ke Xposed Installer >> Framwork >> Update System >> Reboot 
  6. Selesai 
Selesai reboot system coba lakukan chatt dengan kawan lalu lihat perubahannya, Oh iya selain dapat menyembunyikan pesan read, aplikasi LINE Custom juga dapat digunakan untuk hal lainnya mengingat dalam aplikasi ini banyak sekali fitur-fitur menarik. 
Baca juga : 

Perlu diingat tutorial diatas hanya akan berhasil jika smartphone Anda dalam kondisi rooted, jika smartphone Anda tidak dalam posisi rooted maka bisa dipastikan tutorial diatas akan gagal. So Pastikan hp Android Anda sudah dalam kondisi ROOTED ya :). 


EmoticonEmoticon