Beginilah Asal Usul Nama Bluetooth Hingga Terkenal

Ihsanarena.com - Asal - usul nama Bluetooth. Bluetooth merupakan sebuah teknologi yang hampir setiap handset maupun gadget menggunakannya, bukan hanya smartphone tetapi sekarang gadget lain seperti komputer, laptop, mouse, headset, dan speaker rata-rata mendukung teknologi bluetooth. 

Beginilah Asal Usul Nama Bluetooth Hingga Terkenal

Dibalik semua itu banyak dari pengguna yang belum mengetahui asal-usul nama bluetooth, yang mereka tau bluetooth adalah alat pengirim file dari sebuah gadget ke gadget lainnya, selain itu masih sedikit orang yang mengetahui jika bluetooth merupakan nama yang berasal dari nama raja Skandinavia pada abad 10. 

Raja itu bernama Horald Blatand Gormssom, dia merupakan raja yang menguasai Norwegia & Denmark pada tahun 958 hingga 985. Prestasi terbesarnya adalah berhasil menyatukan dua negara Norwegia dengan Denmark ketika dia memerintah. Selain itu dia juga terkenal dengan giginya yang mati sehingga mendapat julukan Blatand. 

Dalam bahasa Denmark, Blatand mempunyai makna secara harfiah Bluetooth. Pada tahun 1996 sebuah vendor terkemuka Intel mengembangkan sebuah sistem pengiriman file jarak dekat yang mana ketika itu diberi nama Biz-RF. Nah, pada saat itu sistem pengiriman file milik Ericson diberi nama MC-Link sedangkan milik Nokia dikenal dengan nama Low Power RF. 

Tepat pada akhir tahun pada bulan Desember ketiga perusahaan itu mengadakan pertemuan di pabrik milik Ericson di Lunch untuk memberi nama pengirim file jarak dekat. Pihak Intel memberikan saran jika nama pengirim file jarak dekat diberi nama Bluetooth seperti nama King Hararld Bluetooth yang menyatukan Denmark & Norwegia. Alasanya cukup menarik karena nama ini sebagai penyambung antara pc dengan mobile melalui koneksi jarak pendek.

Baca juga : 

Sampai sekarang tidak ada perubahan nama Bluetooth bahkan fitur Bluetooth ini semakin berkembang pesat dan banyak digunakan disetiap hanset gadget maupun smartphone.


EmoticonEmoticon