Cara Mengatasi "Sayangnya Keyboard AOSP Telah Berhenti" di Android

Ihsanarena.com - Tips Mengatasi Keyboard AOSP Telah Berhenti di Android. Peranan keyboard di Android amat vital karena tanpa keyboard kita akan kesulitan untuk menulis pesan teks dengan tidak ada keyboard maka
 tidak akan bisa Chatting dengan teman - temanmu. 

Keyboard AOSP merupakan keyboard yang biasa ada pada Android kitkat, hampir setiap Android kitkat secara delfaut bawaan pabrik menggunakan Keyboard AOSP. Nah, Keyboard AOSP ini terbilang simpel dan sangat mudah digunakan, hanya saja terkadang Keyboard AOSP ini error sehingga keluar pesa "Sayangnya Keyboard AOSP Telah Berhenti" atau "Keyboard AOSP has Stopped" dan lain sebagainya yang menandakan kalau Keyboard AOSP mengalami masalah. 

Cara Mengatasi Keyboard Android AOSP telah Berhenti 


Pada postingan kali ini saya ingin berbagi panduan cara mengatasi keyboard AOSP yang error. Bagi kamu yang mengalami keyboard AOSP error dengan pesan "Sayangnya Keyboard AOSP telah Berhenti" ikuti panduan cara mengatasinya berikut ini. 

Hapus Data dan Data Cache 
Seperti biasa, munculnya pesan error "Sayangnya Keyboard AOSP telah berhenti" disebabkan tumpukan data cache yang jarang dihapus sehingga aplikasi keyboard menjadi terganggu. Masalah ini bukan hanya pada Keyboard saja, aplikasi lainnya juga sering mengalami error disebabkan banyaknya tumpukan sampah cache pada aplikasi. 

Untuk menghapusnya cukup mudah.  Caranya masuk ke setelan » Aplikasi » Keyboard AOSP » Hapus Cache dan Data 

Ganti dengan Keyboard Lain 
Jika dengan menghapus data dan cache Keyboard Android masih tetap muncul pesan error maka ganti Keyboard Android dengan Keyboard lain dari Google Playstore seperti Go Keyboard dan Google Keyboard 

Factory Reset dan Hard Reset 
Langkah yang harus kamu lakukan setelah mengganti Keyboard Android dengan Keyboard baru namun tetap masih error adalah dengan reset ulang ke setelan pabrik. Cara factory reset juga sangat mudah, berikut caranya. 

  • Pergi ke pengaturan » Buat cadangan dan Setel ulang » Kembalikan ke Setelan pabrik » Setel ulang Telepon 

Baca juga : 

Silahkan semua panduan diatas kamu aplikasikan dengan baik dan benar agar keyboard Android dapat kamu gunakan kembali dengan baik. Demikianlah cara mengatasi "Sayangnya Keyboard AOSP telah Berhenti" di Android semoga bermanfaat. Apabila ada yang kurang jelas silahkan bertanya melalui kolom komentar. 

4 komentar

beruntung android saya mah sampe sekarang Keyboard AOSPmasih ada tuh disimpen digudang

beruntung android saya mah sampe sekarang Keyboard AOSPmasih ada tuh disimpen digudang

Belum pernah ketemu masalah INI sih, tapi nyimak aka duly buat jaga2

Belum pernah ketemu masalah INI sih, tapi nyimak aka duly buat jaga2


EmoticonEmoticon