7 Tips Simpel Mengatasi HP Android Lemot dan Lag

Android kini menjelma menjadi faforit pengguna smartphone dunia sebagai pesaing IOS bahkan sudah mengalahkan IOS. Mudahnya dalam penggunaan system Android menjadi alasan tersendiri pengguna smartphone untuk menggunakan Android. Dengan memakai smartphone Android seakan dunia sudah dijari dan tangan. Bagaimana tidak hanya dengan sentuhan sudah dapat menjelajahi dunia maya. Medsos twitter, FB, Instagram, Snapchat, Youtube dan lain sebagainya semakin mudah diakses di smartphone Android.



Eits, Jangan salah Anda boleh saja memasang berbagai medsos di smartphone Android, tetapi lihat dulu seberapa kuat smartphone Android Anda dapat menampung dan menjalankan semua aplikasi yang Anda donwload. Kalau berlebihan dalam memasang aplikasi Android akan menyebabkan kinerja Android menjadi lemot. Kinerja Android yang lemot akan mengganngu aktivitas selancar Anda mengelilingi dunia maya.

Anda pasti tidak ingin memiliki Android yang lemot, selain menganggu aktivitas browsing tentunya banyak membuang waktu. Ada beberapa tips simpel agar kinerja Android menjadi lebih maksimal

Tips Simpel Mengatasi Android Lemot :


1. Cari tau apa yang membuat Android LEMOOTT..

Hukum sebab akibat sepertinya juga dapat digunakan dalam mengatasi masalah Android lemot. Sebelum kita memgatasi Android lemot kita harus cari tau terlebih dahulu apa yang membuat Android kita lemot. Entah itu karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang atau memang karena CPU dan RAM sudah tidak memadai lagi.

2. Bersihkan Sampah dan Cache pada aplikasi..


Kemungkinan besar yang membuat Android Anda lemot adalah banyaknya cache menumpuk. Untuk itu luangkan waktu Anda untuk menghapus data cache Android. Menghapus cache Android juga dapat mempercepat multitasking tentunya Aktivitas browsing Anda akan semakin enakk..

3. Hapus Widget yang tidak terpakai..

Memang widget Android yang banyak akan mempercantik homescreen Anda, tetapi Anda harus bijak dalam memakai widget. Terlalu banyak widget juga menyebabkan lemooot kinerja Android Anda. Untuk itu Anda harus selektif mana widget yang kira2 tidak terlalu penting.

4. Refresh RAM dan Aplikasi


Multitasking memang memudahkan kita saat sedang asik bermain Android, tetapi perlu Anda ketahui kalau terlalu banyak aplikasi yang berjalan akan membuat kinerja semakin lambat. Hal ini akan mengganggu kinerja Android Anda untuk itu setelah selesai memakai Android atau sudah mulai _kambuh_ lemotnya segera saja refresh RAM agar kinerja android kembali Normal.

5 . Restar Smartphone Android 

Yang ini paling guammpang sekali, sangat mudah untuk mengatasi smartphone Android yang lemot caranya ya tinggal reboot ponsel Andriid. Kalau tidak tau reboot matikan ponsel kmudian nyalakan kembali.

6 . Copot Aplikasi yang tidak penting 


Anda harus bijak, kalau smartphone Android yang anda pakai tidak kuat untuk menampung banyaknya aplikasi, maka Anda harus memilah dan memilih mana Aplikasi yang penting dan mana Aplikasi yang tidak pemting. Dengan begitu smartphone Android Anda akan lebih lega dari Memori internal dan RAM. kalau kedua memori internal dan RAM tidak banyak terpakai kinerja Android Anda akan semakin baik.

7. Factory Reset dan hard Reset 

Nah, Tips ini bisa Anda gunakan kalau smartphone Android Anda sangat lemot maka cara hard reset dan factory reset menjadi cara terbaik untuk mengatasinya. Untuk cara hard reset pada setiap smartphone Android berbeda caranya, adapun untuk factory reset pada smartphone Android caranya dengan masuk ke setting => Back up and Reset => Factory Data Reset => reset phone => Erase Everything lalu tunggu saja proses factory reset.

Baca :

Kesimpulan

Agar smartphone Android Anda tidak lag dan lemot, Anda harus melihat terlebih dahulu apakah memori internal dan RAM cukup untuk menjalankan semua aplikasi yang Anda instal. Kalau dirasa tidak sebaiknya tidak perlu menginstal banyak aplikasi, cukup instal Aplikasi yang penting saja. Sekian 7 Tips Simpel Mengatasi Smartphone Android Lemot dan Lag semoga bermanfaat.

10 komentar

Wah mantap cocok untuk hp ku yang sering lemot :D

makasih gan artikelnya kalo menurut gw sih restart sbg finishing biar optimal

bisa dicoba tuh kapan2 nice share gan

Oo,,gitu caranya ya gan,,makasih ya infonya, sangat membatu.

Aplikasi bawaan HP yang tidak dipakai dihapus juga sekalian harusnya. Iya ngga gan??

Hahaha...mase ki loh...

Laiyya di restar biar hilang datanya hehehe..jangan lupa back up

Siap mas bro sering2 mampir biar berkah es jeruknya

Bisa banget mas bro, tapi harus sudah rooted

Iya gans...sebenernya banyk kok caranya cuma cara diatas paling simpel bgt


EmoticonEmoticon