#4 Cara Mengatasi "Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti" di Hp Android

Ihsanarena.com - Pada saat ini Android semakin ramah dengan pengguna smartphone dunia, selain harganya yang murah, cara memakainya juga mudah. Adanya Google Play Store yang disediakan untuk mempermudah pengguna Android dalam mencari aplikasi gratis dan aman dari virus. Dengan begitu kita dapat menggunakan Android lebih maksimal.



Sayangnya aplikasi Google Play Store juga kadang memiliki kendala, kendala yang paling sering adalah munculnya tulisan "Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti". Munculnya kendala tidak hanya saat kita mendonwload aplikasi di Google Play Store bahkan kadang sering muncul "Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti" ketika asik-asik browsing.

Baca Juga :
Ada beberapa faktor yang menyebabkan Android sering memunculkan Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti. Salah satunya adalah terlalu banyaknya cache di Aplikasi Google Play Store dan jarang dibersihkan.

Fungsi dari file cache sendiri untuk membantu system Android agar dapat melancarkan kecepatan dalam mengambil data. File cache yang rusak akan menyebabkan error pada aplikasi oleh sebab itu tidak heran jika pada beberapa Aplikasi Android juga sering error.

Cara Mengatasi "Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti" di HP Android :


1. Hapus Data Aplikasi Google Play Store

Masuk ke Setting => Aplikasi => Google Play Store.


Setelah itu pilih Force Closed kemudian tap Hapus Data lakukan Reboot kemudian buka kembali Google Play Store.

2. Uninstall Update Aplikasi Google Play Store

Masuk ke setting => Aplikasi => Google Play Store.


  1. Tap Force Closed
  2. Tap Hapus Data
  3. Uninstal Pembaharuan

Dengan begitu Aplikasi Google Play Store akan kembali ke versi beta dan nanti akan terupdate secara otomatis sehingga tidak perlu khawatir kalau tampilannya berbeda.

3. Factory Reset dan Hard Reset Android

Apabila sudah dihapus data dan juga diuninstall pembaharuan aplikasi Google Play Store ternyata masih saja muncul "Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti" di Android maka lakukan factory reset. Hal ini akan menghapus semua data pribadi Anda oleh karena itu sebaiknya lakukan back up data terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

Cara Factory Reset Android
  1. Masuk ke Setting.
  2. Pilih Back Up & Reset
  3. Pilih Reset phone
  4. Pilih Factory reset
  5. Erase Everything. 

4. Flash Ulang Android

Ini cara terakhir untuk mengatasi masalah "Sayangnya Google Play Telah Berhenti" di Android. Untuk tutorialnya tiap ponsel berbeda beda oleh karena itu jika Anda tidak berani mencoba melakukan flash maka berikan saja pada Ahlinya.

Nah, kalau setelah di flash masih saja muncul "Sayangnya Google Play Store telah berhenti" kemungkinan besar Emmc sudah lemah.

Demikianlah 4 Cara Mengatasi "Sayangnya Google Play Store telah berhenti" di Hp Android semoga WORK dan ponsel Anda kembali normal.

6 komentar

punya sya sering kya gitu gan tanjs infonya

OOh jadi gitu caranya, tq gan

hp saya sering ni gan :D bagus ni :D

saya sering ngalamin ini, apalagi pas hp nge-lag sama kepenuhan memori

mantap jiwa thank infonya


EmoticonEmoticon